Desain Ruang Tamu Modern Rumah Minimalis

Ruang tamu adalah bagian penting dari sembuh rumah. Setiap rumah harus memiliki tempat khusus untuk menyambut dan menjamu para tamu. Sebagian rumah bergaya minimalis bahkan mendayagunakan ruang tamu sebagai ruang keluarga juga. Hal ini disebabkan karena keterbatasan lahan sehingga fungsi ruang tamu pun dapat merangkap sebagai ruang keluarga dan terkadang di dekatnya juga ada dapur mini. Ruang tamu terdiri dari beberapa tempat duduk, sebuah meja dan terkadang ada televisi. Saking pentingnya sebuah ruang tamu maka terkadang ruang yang lain dikorbankan. Ruang tamu seperti jantungnya sebuah rumah. Khusus untuk rumah berarsitektur minimalis maka anda harus melakukan desain ruang tamu rumah minimalis yang sesuai dengan selera anda.

Desain ruang tamu rumah minimalis harus disesuaikan dengan bentuk dan ukuran ruang tamu. Jika ruang tamu cukup sempit maka pastikan ruang tamu memiliki cukup banyak jendela berukuran besar atau panjang agar ruangan terlihat lebih luas. Desain modern ruang tamu saat ini lebih mengedepankan optimalisasi fungsi ruang dan nilai artistik minimalis. Bagi anda yang menyukai kesederhanaan dalam mendesain rumah maka gunakanlah perabotan-perabotan ruang tamu yang tampak sederhana seperti kursi rotan, kursi busa mini atau kursi plastik. Meja tamu dapat berupa meja kaca atau meja kayu bundar. Hal ini cukup efektif diterapkan pada desain ruang tamu semi outdoor. Selain itu dengan ruang tamu semi outdoor maka anda tak perlu khawatir dengan ruangan lainnya kerena tamu sudah dapat ditampung di teras yang ditata menjadi ruang tamu.

Desain Ruang Tamu

Jika ruang tamu anda cukup luas maka anda lebih leluasa dalam mendesain ruang tamu. Desain ruang tamu rumah minimalis bisa diterapkan dengan lebih variatif. Misalnya terdapat sofa besar yang empuk dan nyaman. Ditambah meja kayu panjang dan sebuah televisi keluarga. Tamu akan merasa nyaman duduk di ruang tamu dengan tempat duduk yang nyaman dan sirkulasi udara yang baik. Jadi pastikan kedua hal tersebut tersedia di ruang tamu anda. Pilihlah perabotan ruang tamu yang sesuai dengan tema dan warna cat dinding ruang tamu anda. Misalkan jika ruang tamu anda memiliki cat berwarna cerah mal sebaiknya warna sofa agak gelap begitu pula sebaliknya.
Sekarang tinggal memperhatikan desain interior untuk desain ruang tamu rumah minimalis anda. Selain perabotan yang sudah dibahas di atas selanjutnya adalah pemilihan warna cat dan pencahayaan ruang tamu. Untuk cat sebaiknya pilih yang warnanya cerah kecuali anda hendak membuat motif di dinding atau memakai wallpaper maka anda dapat memilih warna yang variatif. Jika hendak memberikan sentuhan yang lebih natural maka berikan motif-motif bernuansa alam di dinding dan pilihlah pencahayaan yang lebih hemat seperti LED. LED berwarna merah dan hijau akan membawa nuansa ruang tamu menjadi lebih elegan dan mewah. LED yang hanya berdaya 1 watt per lampu cocok bagi seluruh tipe rumah minimalis. Pencahayaan utama masih dapat diberikan untuk kepentingan tertentu.

Sekarang anda lebih memahami bagaimana desain ruang tamu rumah minimalis. Sesuaikan desain dengan selera anda. Saat ini desain bergaya etnik sedang tren di dunia. Sentuhan bentik mungkin dapat membuat ruang tamu anda tampak berbeda. Perhatikan juga budget alias biaya yang dikeluarkan untuk membuat ruang tamu. Ingatlah bahwa fungsi lebih utama daripada hal yang lainnya.