Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis

Desain Kolam Ikan Minimalis - Kolam ikan merupakan habitat buatan bagi ikan hias yang diciptakan pada sisi-sisi rumah Anda. Penempatannya dapat terletak pada sisi depan, sisi belakang, sisi samping maupun di dalam rumah. Kolam ikan ini diciptakan sebagai bagian rumah yang dapat menambah unsur artistik dan keasrian pada rumah tersebut. Memandang sebuah kolam ikan hias dapat menghilangkan kepenatan mata yang memandang dan menjadi hiburan bagi keluarga. Tak lupa kolam ikan yang ingin dibangun harus diharmonisasikan dengan bentuk rumah Anda. Pada rumah minimalis, tentu saja desain kolam ikan rumah minimalis yang cocok untuk diciptakan. Pemilihan bahan baku, bentuk, penempatan dan kelengkapan dekoratif pada sebuah kolam adalah point penting untuk dipertimbangkan sebelum proses pembuatannya.

Pada sebuah desain kolam ikan rumah minimalis tetap punya banyak bentuk yang dapat dipilih walaupun hanya dengan cakupan luas yang terbatas (minimalis). Jadi, luas yang minimalis pun tidak mengganggu kreativitas dalam membentuk sebuah kolam ikan yang apik, dan terkesan elegan. Hal pertama yang harus Anda tetapkan adalah pemilihan penempatan kolam ikan serta ukuran kolam ikan yang akan dibangun. Hal ini penting untuk dapat mendesain kolam ikan seperti apa yang akan terbentuk. Setelah itu, Anda juga harus memperkirakan kedalaman kolam ikan yang dibutuhkan dan juga material apa yang akan Anda pergunakan. Material dengan menggunakan semen dihias dengan bentuk dan warna yang unik dapat menjadi pertimbangan. Penggunaan batu alam pun dapat menambah estetika sebuah kolam.

Pada desain kolam ikan rumah minimalis tetap dapat dibuat elegan meskipun dengan ukuran yang minim dengan menambahkan dekorasi yang harmonis. Pemberian tumbuh-tumbuhan hijau pada kolam serta bebatuan dapat menjadi pilihan. Penambahan filtrasi air berbentuk air mancur memberikan keindahan alam yang terkesan natural. Kedalaman kolam ikan juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan ikan apa yang ada pada habitat kolam tersebut. Setidaknya kedalaman 90 cm- 1 m baik untuk kehidupan sebuah ikan. Hal ini untuk menghindari kondisi cahaya yang terlalu ekstrem baik sengatan matahari maupun hujan dan suhu yang terlalu dingin ketika malam.

Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis

Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis Desain Kolam Ikan Rumah Minimalis
Pilihan ikan apapun dapat diterapkan pada kolam dengan desain kolam ikan rumah minimalis. Tetap kenali karakteristik ikan yang akan Anda pelihara agar pembudidayaannya baik tidak cepat mati. Sebut saja ikan gurame. Ikan ini termasuk ikan labirin yang akan muncul sewaktu-waktu ke permukaan untuk menghirup O2 secara langsung pada permukaan air. Ikan ini dapat hidup di kolam, danau, waduk, genangan sawah. Gurame termasuk omnivora mendekati ciri herbivora. Ada pula ikan nila. Ikan ini memiliki adaptasi yang tinggi terhadap berbagai lingkungan perairan yang luas. Hal ini juga yang menjadi faktor ikan nila dapat hidup di suhu ekstrem di mana tidak semua ikan dapat hidup. Ikan patin, ikan gabus dan ikan lele termasuk ikan demersal/nocturnal yang mencari makan di malam hari dan termasuk ikan rakus. Ikan koi, termasuk ikan hias yang satu saudara dengan ikan mas yang diyakini membawa keberuntungan. Hidup di air yang tidak terlalu dalam dan tidak deras, namun termasuk cepat beradaptasi.

Nah, sekarang Anda sudah dapat menentukan dan merancang kolam ikan seperti apa yang akan Anda desain. Kolam ikan dengan desain kolam ikan rumah minimalis, ataukah dengan desain kolam ikan rumah luas. Point yang penting yakni perhatikan besaran luas kolam ikan yang akan dibangun. Kemudian tentukan material dan kedalaman kolam serta tambahkan hiasan yang seusia. Pilihlah ikan yang apik yang Anda inginkan, namun jangan terlalu banyak menempatkan ikan dalam satu kolam agar dapat bernafas lega.